Aplikasi Trading Forex Atau Investasi??

Mungkin jika kamu atau pun kebanyakan orang ditanya, “bagaimana sih cara mengumpulkan uang yang aman dan menguntungkan dalam jangka panjang?” Pasti kebanyakan orang akan menjawab dengan cara investasi”.

Aplikasi Trading Investasi
Aplikasi Trading Investasi

Nah, berinvestasi itu merupakan salah satu hal yang kamu butuhkan jika kamu menginginkan keuntungan dalam jangka panjang. Jenis investasi pun juga sangat beragam, tidak hanya saham saja tapi ada reksadana atau pun kamu bisa membeli aset lain yang dapat menambah nilai uang kamu di masa depan.

Selain investasi seperti yang di sebutkan sebelumnya, ada juga loh aktivitas jual beli saham yang tak kalah menguntungkan namanya Trading. Salah satu tempat untuk melakukan trading adalah Trading Forex, atau kamu juga bisa mencari informasi lebih lanjut tentang aplikasi trading terbaik lainnya.

Menurut Bank International Settelment ,Trading Forex  tercatat dengan nilai transaksi yang mana bisa mencapai USD 6,6 Trillion perharinya loh.. Jumlah ini berkali-kali lipat dari nilai transaksi yang ada di seluruh dunia. WOW..

Trading Forex

Forex (foreign exchange) merupakan jenis investasi perdagangan valuta asing. Forex juga menjadi trading yang paling populer di dunia loh.. Sudah banyak juga nih yang berhasil sukses dalam investasi melalui Trading Forex ini. Tapi tidak sedikit juga yang memiliki nasib yang baik.

Oleh karena itu,  Trading Forex ini dinilai sebagai investasi yang bila semakin tinggi risiko yang ada, maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan di dapat oleh kamu.

Banyak orang mungkin berfikir bahwa investasi trading forex ini hanya di khsusus kan oleh pengusaha saja. 

Namun, faktanya semua golongan dan semua usia dari anak muda hingga orang tua pun juga bisa berinvestasi jual beli saham ini. Dengan catatan kamu harus benar-benar belajar dan disiplin agar tahu dasar berinvestasi sehingga dapat mencapai strategi dan target yang kamu inginkan.

Untuk memahami trading forex  ini adalah langkah wajib kamu sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk menanamkan modal di dalamnya. Nah, buat kamu yang pemula, jika ingin berinvestasi jangan asal pilih dan langsung melakukan investasi ya.. Jangan hanya karena kamu tergiur oleh keuntungan yang besar, nanti kamu malah asal pilih lagi.. Jangan buru-buru ya..

(Ibaratnya nih.. memilih investasi tuh kayak mau milih pasangan yang kek gimana, kamu harus pikirin dulu gimana orangnya, harus tahu seluk beluknya. Jangan Gampang  tergiur dan terpesona hanya karena wajahnya . haduh… jadi nglantur ya gess hihihi 😀 )

Yuk, simak artikel ini dan ikuti cara Belajar Trading Forex dari nol untuk pemula..

Investasi Trading
Investasi Trading

1. Pelajari Dulu Aturan Dagang Valuta Asing 

Nah, Jika kamu pernah mendengar ada seorang trader yang mengatakan bahwa dia memperoleh keuntungan yang sangat besar, jangan gampang tergiur dulu ya. Hal ini justru yang harus kamu waspadai. Karena untuk sukses dalam bidang investasi ini, kamu harus belajar trading forex dari awal dulu.

Pertama, kamu harus tahu aturan dasar belajar trading forex dulu ya dan bagaimana langkah kamu untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan nilai tukar uang dalam investasi ini.

Oh iya.. Valuta asing berbeda dengan money changer ya, jangan salah mengartikan. valuta asing merupakan pertukaran uang dengan mata uang lainnya secara tunai. Biasanya mata uang yang diperjual belikan disini USD dengan EUR, GPB dengan USD dan lain-lain. 

Kalau kamu sudah mempelajari aturan dasar nya, baru deh kamu cari tahu apa aja faktor yang mempengaruhi naik turunnya mata uang.

2. Pelajari Teknik-Teknik Analisis Forex

Belajar trading forex yang selanjutnya adalah kamu harus menganalisis valuta asing.

Disini ada 3 teknik nih yang dapat kamu terapkan, yaitu:

  • analisis sentimen pasar (market sentiment analysis)
  • analisis fundamental (fundamental analysis), dan 
  • analisis teknikal (technical analysis)

Analisis sentimen pasar, bertujuan mencari kecendrungan mayoritas para pelaku pada pasar saham. Sedangkan analisis fundamental menganalisis yang didasari oleh faktor-faktor nilai mata uang. Dan selanjutnya ada analisis teknikal yang fokus pada perhitungan dan prediksi pasar saham.

3. Cari Tahu Legalitas Bisnis Trading Forex

Belajar trading forex itu gak hanya tahu besar untungnya aja ya, kamu juga harus tahu pasti apakah bisnis investasi trading yang kamu ikuti ini sudah memiliki izin legalitas atau belum.

Bisnis trading forex di Indonesia ini sudah diatur kok di UU No. 10 Tahun 2011 tentang Perubahan atas UU No. 32 Tahun 1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi

Jadi ini artinya, kegiatan perdagangan yang berjangka panjang di Indonesia atau trading berlandaskan hukum yang kuat. Dan semua kegiatan perdagangan ini dipantau secara langsung oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

4. Pilihlah Broker Trading yang Tepat 

Perdangangan pada valuta asing selalu mengandalkan broker sebagai pihak penghubung antara pelaku pasar dengan pasar valuta asing yang ada di luar. Selain itu, broker menyediakan aplikasi transaksi secara online juga. Untuk kamu yang ingin tahu dan ingin memilih broker yang tepat dan terpercaya kamu bisa langsung mengecek langsung dari website BAPPEBTI.

Sebelum memilih broker mana yang akan kamu pakai, ada beberapa pertimbangan juga nih yang harus kamu perhatikan. Seperti halnya, biaya transakasi yang dibebankan. Dalam masalah ini jangan asal pilih ya, coba pilihlah secara teliti agar kamu tidak mengalami kerugian nantinya. 

5. Buat Akun Demo pada Trading Forex

Investasi Trading
Investasi Trading

Dalam belajar trading forex bagi pemula, ada baiknya nih jika kamu langsung mempraktekkan teori yang sudah kamu dapatkan. Tapi, jangan asal langsung transaksi di trading forex nya ya..

Kamu bisa memulai untuk membuat akun demo yang menjadi langkah awal belajar trading forex kamu dalam aktivitas investasi tersebut. Kamu juga tidak perlu khawatir akan kehilangan modal saat belajar trading forex menggunakan akun ini, karena di akun demo kamu bisa melakukan aktivitas trading tanpa mengeluarkan modal sedikitpun.

Dan perlu di ingat, bahwa akun demo ini hanya bersifat sebagai sarana belajar kamu di trading forex, yang dimana akun demo ini bertujuan agar kamu lebih matang lagi sebelum melakukan berinvestasi pada akun yang nyata.

Biasanya akun demo untuk belajar trading forex menyuguhkan gambaran nyata tentang bagaimana kondisi pasar saham yang ada. Jadi, kamu juga bisa menganalisis apa saja yang di butuhkan oleh seorang trader apalagi pemula seperti kamu. 

6. Kuasai Dulu Manajemen Risiko

Di dalam bermain trading, menguasai manajemen risiko sangatlah penting. Karena sebelum melakukan trading, seorang trader harus memikirkan risiko apa yang akan di hadapinya nanti.

Tidak hanya dalam mengatasi risiko kerugian saja, tetapi kamu juga harus bisa mengendalikan bagaimana agar tetap bisa bertahan di pasar saham. 

Seringkali seorang trader terlalu berambisi dengan pendapatan yang besar dengan waktu yang cepat, sehingga trader pun membuka transaksi yang besar. Padahal dibalik keuntungan yang besar itu, terdapat risiko yang besar pula.

Nah, itulah tadi adalah cara belajar trading forex dari awal untuk pemula, gimana nih udah ngerti belum poin-poin yang ada di atas? Kalau sudah, kamu hanya tinggal menyiapkan modal yang tepat agar investasi kamu berjalan dengan lancar.

Tapi, meskipun kamu sudah paham poin-poin di atas, jangan langsung bangga dan berpuas hati ya. Kamu tetap harus belajar tentang yang lainnya juga, baca juga panduan belajar trading forex lengkap dan perbanyaklah mencari informasi yang lainnya.

Jangan lupa share artikel ini ya.. Semoga cara belajar trading forex ini bermanfaat.

Selamat berinvestasi dan semoga sukses